BAB 11 Trend Masa Depan Infrastruktur TI



 1.1 Infrastruktur Teknologi Informasi

 Definisi Infrastruktur Teknologi Informasi

Seiring dengan perkembangan zaman, manusia berhasil menemukan berbagai macam teknologi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah teknologi informasi. Teknologi informasi merupakan teknologi yang saat ini sangat berperan dalam memengaruhi kehidupan manusia.

Teknologi informasi merupakan hal yang membantu manusia membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan, dan menyebarkan informasi. Dengan adanya teknologi informasi mempermudah manusia dalam mendapatkan informasi secara cepat. Dalam proses penyebaran informasi, teknologi informasi didukung oleh suatu infrastruktur yang membantu proses tersebut berjalan dengan lancar. Infrastruktur yang dimaksud adalah infrastruktur teknologi informasi.

2.2 Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi tentunya memiliki peranan terhadap berbagai bidang, diantaranya bidang ilmu pengetahuan, bidang pendidikan, bidang ekonomi, kepemerintahan dan masih banyak yang lainnya. Teknologi akan terus berkembang menyesuaikan dengan kebutuhan manusia. Teknologi informasi yang kuat akan menjadi competitive edge bagi perusahaan dan sekaligus menjadi entry barrier. Bagi organisasi yang ingin maju dan berkembang, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan teknologi sepanjang hal itu dapat mempermudah perusahaan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Setelah sebelumnya membahas mengenai perkembangan teknologi dan penggerak teknologi dari evolusi infrastruktur. Perkembangan kemajuan teknologi membawa dampak yang besar pada perkembangan infrastrukturnya akibat penggunaan teknologi informasi maupun keinginan dari berbagai macam pihak yang menginginkan kemudahan dalam beraktivitas. Evolusi infrastruktur memberikan bagaimana penggerak teknologi pada jamannya dapat memperlihatkan seperti apa perkembangan yang akan terjadi nanti.

2.3 Penggerak Teknologi dari Evolusi Infrastruktur.

1. Hukum Moore dan daya microprocessing.

Diperkenalkan oleh Gordon E. Moore salah satu pendiri Intel, ia mengatakan bahwa kecepatan perhitungan mikroprosesor mengikuti rumusan eksponensial.

2. Hukum penyimpanan digital massal

Dunia saat ini memproduksi sebanyak 5 exabyte informasi unik per tahun. Jumlah informasi digital kurang lebih menjadi dua kali lipat setiap tahun (Lyman dan Varian, 2003).

3. Hukum Metcalfe dan ekonomi jaringan

Hukum ini menyatakan bahwa nilai suatu jaringan telekomunikasi adalah proporsional dengan kuadrat jumlah pengguna terhubung dari sistem.

4. Penurunan biaya komunikasi dan internet

Penggunaan terhadap fasilitas komunikasi dan komputasi semakin banyak dan semakin banyak yang mengakses internet akan mengurangi dan menurunkan biaya komunikasi.

5. Dampak jaringan dan standar

Standar teknologi adalah spesifikasi yang menentukan kompatibilitas sebagai produk dan kemampuan berkomunikasi dalam suatu jaringan. Pada awal 1990-an, perusahaan-perusahaan mulai mengarah ke komputasi dan platform komunikasi standar.

2.4 Komponen Infrastruktur

1. Platform COMPUTER HARDWARE

2. Platform SISTEM OPERASI

Perangkat lunak sistem operasi klien konvensional dirancang di sekitar mouse dan keyboard, tapi semakin menjadi lebih alami dan intuitif dengan menggunakan menyentuh teknologi. IPhone OS, sistem operasi untuk fenomenal populer IPad Apple, iPhone, dan iPod Touch, fitur antarmuka multitouch, di mana pengguna menggunakan jari-jari mereka untuk memanipulasi objek pada layar. Interaktif Sesi Teknologi mengeksplorasi implikasi dari menggunakan multitouch untuk berinteraksi dengan computer

3. Aplikasienterprisesoftware

4. Manajemen data dan penyimpanan

Perangkat lunak manajemen database perusahaan bertanggung jawab untuk mengatur danmengelola data perusahaan sehingga mereka dapat diakses dan digunakan secara efisien.

5. PlatformNETWORKING/TELEKOMUNIKASI

Platform telekomunikasi biasanya disediakan oleh telekomunikasi / perusahaan layanan telepon yang menawarkan suara dan data konektivitas, jaringan area luas, layanan nirkabel, dan Akses internet. Terkemuka telekomunikasi vendor layanan termasuk AT & T dan Verizon (lihat kasus Bab 3 pembukaan). Pasar ini meledak dengan penyedia baru nirkabel seluler, internet kecepatan tinggi, dan telepon Internet jasa.

6. Platform INTERNET

Platform internet harus dihubungkan dan bertumpang tindih dengan infrastruktur jaringan umumdan platform piranti keras dan piranti lunak perusahaam.

7. Konsultasi Dan Sistem Layanan Integrasi

Hari ini, bahkan perusahaan besar tidak memiliki staf, keterampilan, anggaran, ataupengalaman yang diperlukan untuk menyebarkan dan memelihara infrastruktur TI seluruh nya. Menerapkan Minfrastruktur baru memerlukan (seperti tercantum dalam Bab 3 dan 14)perubahan signifikan dalam proses bisnis dan prosedur, pelatihan dan pendidikan, dan integrasi perangkat lunak.

2.5 Trend Platform Perangkat Keras Terkini

Trend Platform Perangkat Keras Terkini

Dalam komputasi personal, platform adalah perangkat keras dasar (komputer) dan perangkat lunak (sistem operasi) tempat aplikasi perangkat lunak dapat dijalankan. Lingkungan ini merupakan fondasi dasar di mana aplikasi atau perangkat lunak apa pun didukung dan / atau dikembangkan.

Server blade adalah komputer yang sangat tipis yang terdiri atas sebuah papan sirkuit dengan prosesor, memori, dan koneksi jaringan yang di simpan dalam rak.

Meledak daya perangkat keras komputer dan jaringan teknologi telah secara dramatis mengubah cara bisnis mengatur daya komputasi mereka, menempatkan lebih dari kekuatan ini pada jaringan dan perangkat genggam mobile. Bisa melihat tujuh tren hardware: platform digital muncul mobile, komputasi grid, virtualisasi, cloud computing, komputasi hijau, kinerja tinggi / prosesor hemat daya dan komputasi otonom.

Bagian Trend Platform Perangkat Keras

1. Platfrom mobile

Smartphone dan komputer tablet menjadi begitu penting dalam mengakses internet. Perangkat-perangkat tersebut semakin banyak digunakan untuk tujuan komputasi organisasi bisnis seperti aplikasi pelanggan. Sebagai contoh, senior eksekutif di General Motors menggunakan aplikasi smartphone untuk menggali informasi penjualan kendaraan, kinerja finansial, matriks produksi serta status manajemen.

2. Komputasi jaringan

melibatkan pengoneksian berbagai komputer yang berada pada lokasi geografis yang berjauhan ke dalam suatu jaringan tunggal untuk menciptakan superkomputer virtual dengan mengombinasikan seluruh daya komputasi komputer-komputer tersebut pada sebuah jaringan. Penyebab digunakannya komputasi jaringan biasanya melibatkan motif penghematan biaya, kecepatan komputasi, serta kegesitan.

3. Cloud Computing

Cloud computing adalah sebuah model komputasi dimana aktivitas pemrosesan, penyimpanan, perangkat lunak dan layanan lainnya disediakan layaknya sumber virtual terpadu pada suatu jaringan yang umumnya adalah internet.

Cloud computing terdiri atas 3 jenis layanan yang berbeda:

• Infrastruktur cloud computing sebagai layanan

• Platform cloud computing sebagai layanan

• Perangkat lunak cloud computing sebagai layanan

4. Konsumerisasi dari IT dan BYOD BYOD (bring your own device)

adalah salah satu aspek dari konsumerisasi TI, dimana teknologi informasi baru yang pertama kali berkembang di pasar konsumen mulai diorganisasi bisnis. Konsumerisasi TI tidak hanya termasuk perangkat mobile pribadi namun juga layanan perangkat lunak yang digunakan organisasi bisnis seperti mesin pencariangoogle dan yahoo, gmail dan google apps. Konsumerisasi TI memaksa organisasi bisnis, terutama yang berskala besar untukmemikirkan cara dalam memperoleh dan mengelola peralatan serta pelayanan TI

5. Virtualisasi Virtualisasi

Adalah proses penyajian serangkaian sumber daya komputasi, sehinggamereka dapat diakses tanpa batas oleh fisik dan geografis. Virutualisasi juga memungkinkanberbagai sumber daya fisik (seperti komputer server) utnuk ditampilkan menjadi sumber dayatunggal, contohnya storage area network ataupun komputasi jaringan. Virtualisasi juga memfasilitasi pemusatan dan pengonsolidasian kinerja perangkat keras

6. Green Computing

Green computing mengacu pada pembatasan penyebaran perangkat keras dan penghematan daya, dimana virtualisasi telah menjadi salah satu teknologi utama untuk menyelenggarakan green computing. Karena berdasar pada praktik dan teknologi memproduksi, merancang, menggunakan, dan menempatkan komputer, server, beserta perangkat bawaannya seperti monitor, printer, hard disk serta perangkat jaringan dan telekomunikasi lainnya untuk meminimalisasi dampaknya bagi lingkungan. Mengurangi konsumsi listrik pada komputer adalah teknologi prioritas yang sangat membantu green computing.

7. Prosesor Hemat Energi Dengan Kinerja Prima

Untuk menghemat listrik, tentunya menggunakan ini agar lebih efisien. Contohnya adalah micro prosesor. Micro prosesor terkini itu terdapat lebih dari 2 inti perosesor yang diletakan bersamaan dalam sebuah chip, contohnya seperti kuadqord. Lalu ada prosesor multicor, yaitu prosesor yang sirkuit nya telah terintegrasi yang memiliki 2 atau lebih inti prosesor yang diletakan bersamaan untuk menghemat energi, meningkatkan perfoma dan mempercepat pekerjaan agar terasa lebih efisien. Teknologi ini memungkinkan beberapa prosesor agar dapat menggunakan daya lebih sedikit, suhu yang rendah, dan performa yang cepat. Saat ini banyak laptop atau computer yang menggunakan model seperti ini, seperti 2 kord, quadcorf, sicord bahkan ecord.

8. Komputasi Otonom

Adalah upaya perangkat industry untuk menciptakan system yang mampu memkonfigurasi, mengoptimalkan, dan menyesuaikan diri nya sendiri. Ini dapat memperbaikan diri nya sendiri, bahkan meilindungi diri sendiri jika terdapat penyusup atau hacker yang mengmbil data. Ini dapat dilihat dari laptop atau PC, contoh nya seperti antivirus yang dapat deteksi virus yang masuk dalam perangkat mereka.

2.6 Trend Platform Perangkat Lunak Terkini

Ada empat tema utama dalam revolusi platform perangkat lunak kontemporer

1. Linux dan Perangkat Lunak Open Source

2. Java dan Ajax

3. Layanan Web dan Arsitektur Berorientasi Layanan

4. Software Outsourcing dan Layanan Penyimpanan

1. Linux dan Perangkat Lunak Open Source

Perangkat Lunak Open Source adalah perangkat lunak yang dihasilkan oleh sekelompok pemogram lepas diseluruh dunia. Opensource.org, perangkat lunak open source adalah gratis dan dapat dimodifikasi oleh pengguna. Definisinya tidak terbatas pada system operasi maupun perangkat teknologi tertentu meskipun kebanyakan perangkat lunak open source sekarang menggunakan system operasi Linux ataupun Unix. Linuk merupakan perangkat lunak open source yang paling terkenal, system operasi yang berhubungan dengan Unix. Linux diciptakan oleh pemogram asal Irlandia bernama Linus Torvaldo pertama kali ditampilkan di internet pada Agustus 1991. Linux dapat diaplikasikan pada smartphone, netbook, dan perangkat elektronik lainnya. Linux tersedia secara gratis dan dapat diunduh dari internet atau dengan harga yang murah dengan menyertakan tambahan alat bantu dari Vendor seperti Red Hat.

2. Java dan Ajax

Java adalah system operasi dan prosesor yang berdiri sendiri, serta bahasa pemograman berorientasi objek yang menjadi pemimpin dalam pengembangan web yang interaktif. Java diciptakan oleh James Gosling dan Green Team pada 1992. Platform java telah menyebar ke ponsel, smartphone, mobile otomatis, pemutar music, peralatan games dan akhirnya ke system TV kabel yang menyajikan konten interaktif dan layanan berbayar per tayangan.

HTML dan HTML5, HTML adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk mendefinisikan laman web guna menentukan bagaimana, tulisan, gambar, video dan suara ditempatkan pada laman web, serta untuk menciptakan link-link dinamis ke objek ataupun laman web lainnya. Dengan menggunakan link-link tersebut, pengguna hanya perlu mengarahkan pointer ke kata ataupun gambar, kemudian klik, dan sesegera mungkin akan diarahkan ke dokumen lainnya. HTML5 adalah evolusi selanjutnya dari HTML, memberikan solusi bagi masalah yang memungkinkan kita untuk menempelkan gambar, audio, video dan elemen-elemen lainnya langsung kedalam dokumen tanpa perlu membebani prosesor.

3. Layanan Web dan Arsitektur Berorientasi Layanan

Layanan Web mengacu pada rangkaian komponen perangkat lunak yang melakukan pertukaran informasi satu sama lain dengan menggunakan bahasa dan standar komunikasi yang bersifat universal. Mereka dapat melakukan pertukaran informasi diantara dua system yang berbeda tanpa memandang system operasi dan bahasa pemograman yang menjadi dasar system tersebut. Dasar teknologi dari layanan web adalah XML yang merupakan Extensive Markup Language bahasa ini dikembangkan pada 1996 sebagai bahan bahan pemograman yang Tangguh dan fleksibel, melebihi HTML untuk laman web. HTML terbatas pada bagaimana data seharusnya dipresentasikan dalam bentuk laman web, sedangkan XML sebuah angka bukanlah sebuah angka yang seperti kita kenal, tag pada XML menspesifikasikan apakah angka tersebut mewakili harga, tanggal atau kode pos.

Arsitektur berorientasi layanan adalah rangkaian layanan web lengkap yang mengkomunikasikan aplikasi kerja perangkat lunak satu sama lain.

4. Software Outsourcing dan Layanan Penyimpanan

Software outsourcing memungkinkan perusahaan untuk mengkompilasi pengembangan perangkat lunak kustom atau pemeliharaan program warisan yang ada ke perusahaan luar, yang sering beroperasi lepas pantai di daerah dengan upah rendah di dunia. Perangkat lunak berbasis cloud dan data yang digunakan host di server yang pusat data besar, dan dapat diakses dengan koneksi internet dan browser Web standar.

LAYANAN ALIH DAYA PERANGKAT LUNAK DAN COULD SERVICE

Ada 3 sumber bagi perangkat lunak eksternal :

1. Rangkaian perangkat lunak terpadu dari perusahaan penyedia perangkat lunak komersial.

Perangkat lunak terpadu (software package) adalah rangkaian program perangkat lunak yang telah ditulis sebelumnya untuk tujuan komersial, untuk memudahkan perusahaan tanpa harus menulis ulang program dengan fungsi-fungsi tertentu seperti proses penggajian atau penanganan pesanan. Ini menguntungkan karena harga lebih murah disbanding mengembangkan sendiri. Contoh perusahaan penyedia aplikasi perangkat lunak peruusahaan adalah SAP dan Oracle-Peoplesoft.

2. Pengembangan aplikasi alih daya untuk disesuaikan dengan system perusahaan melalui perusahaan penyedia perangkat lunak eksternal.

Alih daya (outsourcing) perangkat lunak memungkinkan perusahaan untuk mengontrak yang telah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaannya atau merawat system warisan yang telah ada melalui pihak luar yang seringkali beroperasi diluar negeri diwilayah dengan tingkat gaji rendah di seluruh dunia.

3. Layanan perangkat lunak beserta perangkat bantunya berbasis cloud computing.

Melalui layanan cloud computing pada internet memudahkan untuk mengunduh perangkat lunak dari situs web perusahaan penyedia perangkat lunak tersebut yang dapat diakses melaluikoneksi imternet dan browser web standar. Menyediakan layanan dengan harga murah bahkan gratis untuk perorangan hingga perangkat lunak bisnis perusahaan seperti yang disediakan oleh Yahoo dan Google. Layanan tersebut bisa digunakan dengan berlangganan menyewa fungsi-fungsi tersebut dari layanan yang disediakan dengan metode pembayaran berlangganan maupun per transaksi. Layanan untuk mengirimkan dan menyediakan akses kepada perangkat lunak dari jarak jauh yang berbasis web mengacu pada Software as a service (SaaS).

4. Mashups dan Apps

Mashups mengombinasikan dua atau lebih kemampuan aplikasi online untuk menciptakan aplikasi campuran yang memberikan nilai lebih bagi pelanggannya, dibandingkan sumber aslinya yang berdiri sendiri. Contohnya menggabungkan software pemetaan dengan contect lokalnya seperti pada ZipRealty mengombinasikan Google Maps dengan basis data real estate Zillow.com untuk manampilkan layanan yang lengkap dibanding real estate.

Apps adalah bagian kecil dari perangkat lunak yang dijalankan pada internet, computer, tablet atau ponsel yang umumnya dikirimkan lewat internet. Contohnya google menganggap layanan online yang diberikannya sebagai apps termasuk Google Apps yang biasanya bersifat gratis ataupun berbayar dengan dikenakan sedikit biaya. Apps mengikat pelanggan platform perangkat keras spesifik dimana semakin pengguna menambah jumlah apps pada ponselnya maka biaya untuk beralih ke platform pesaingnya terus meningkat.

2.7 ISU MANAJEMEN

Manajemen isu merupakan proses manajemen strategis yang membantu perusahaan mendeteksi dan merespon pada perubahan di lingkungan sosio-politik, salah satunya di perusahaan. Sederhananya, hal ini merupakan proses untuk memantau dan mengidentifikasi perusahan di lingkungan perusahaan. Jika ada masalah, perubahan, dan situasi yang membutuhkan komunikasi dan pemahaman antara dua pihak, maka PR-lah yang harus dapat mengomunikasikannya dengan baik. Jadi, hal ini merupakan jembatan antara perusahaan dan para stakeholder-nya. Pada dasarnya manajemen isu sangat dibutuhkan perusahaan karena dapat meminimalkan kemungkinan sebuah masalah menjadi sebuah PR crisis.

Manajemen isu adalah proses manajemen yang bertujuan membantu melindungi pasar, mengurangi risiko, menciptakan kesempatan-kesempatan serta mengelola image, sebagai sebuah aset organisasi, baik untuk kepentingan organisasi itu sendiri maupun kepentingan stakeholders. Manajemen isu meliputi serangkaian aktivitas yang berkesinambungan.

Pada tahap awal, sebuah issue muncul kepermukaan ketika sebuah organisasi atau kelompok merasa berkepentingan terhadap suatu masalah (atau kesempatan). Sebagai contoh, terjadi perkembangan tren politik, perubahan undang-undang, ekonomi dan sosial, perubahan teknologi, dan sebagainya. Dari sudut pandang manajemen, tren harus diidentifikasi sebagai asal kemunculan isu.

Kedua, menganalisis isu. Yang perlu dicermati, sumber isu bisa dari seorang individu, bisa pula dari organisasi. Kegiatan pada tahap ini bertujuan, menentukan asal isu tersebut yang seringkali sulit karena biasanya isu tidak muncul hanya dari satu sumber saja. Disini, kemampuan riset, kualitatif maupun kuantitatif menjadi sangat penting. Tahap riset dan analisa awal ini akan membantu mengidentifikasi apa yang dikatakan oleh individu dan kelompok berpengaruh tentang isu-isu dan memberikan ide yang jelas pada manajemen.

Ketiga, pilihan strategi perubahan isu (Issue Change Strategy Options) meliputi tiga cara. Pertama, organisasi tetap berfokus pada sikap lama dan tidak ingin melakukan perubahan (strategi perubahan reaktif) atau organisasi melakukan strategi perubahan adaptif, yang berlandaskan pada perencanaan untuk mengantisipasi perubahan serta menawarkan dialog konstruktif untuk menemukan sebuah bentuk kompromi atau akomodasi. Terakhir berkaitan dengan pilihan-pilihan strategi adalah menjadikan organisasi sebagai pelopor pendukung perubahan. Ini yang disebut dengan strategi dinamis.

Keempat, pemrograman tindakan terhadap isu setelah memilih salah satu dari ketiga pendekatan di atas sebagai respon terhadap setiap isu, organisasi harus memutuskan kebijakan yang mendukung perubahan yang diinginkan.

Kelima, yang tidak kalah penting adalah evaluasi. Dibutuhkan riset untuk mengevaluasi hasil program yang didapat (actual) dibandingkan dengan hasil program yang diinginkan.

Langkah Manajemen Isu

a. Identifikasi risiko

Pada tahap pertama ini, kamu perlu menghumpulkan anggota tim dan melakukan brainstorming untuk memikirkan apa saja permasalahan yang dapat terjadi di perusahaan. Sebenarnya, hal ini juga bisa diaplikasikan untuk skala yang lebih kecil, misalnya ketika suatu proyek sedang berlangsung.Gunakan mind map untuk mempermudah visualisasi hasil brainstorming sehingga semua yang terlibat bisa memahaminya.

b. Analisis risiko

Dari semua risiko yang sudah dapat teridentifikasi, kamu perlu memikirkan mana yang paling mungkin terjadi. Pasalnya, tak semua risiko memiliki kemungkinan yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar